Kuliner Nusantara

Roti Unyil - sekilas nama makanan ini cukup unik, mungkin orang yang memberikan kuliner bogor ini dapat inspirasi dari tokoh Unyil yang sering kita lihat di TV. Bentuk roti ini kecil, keunikan tersebut berkesan beda pada roti umumnya. Dan mungkin juga, karena roti ini mempunyai bentuk yang kecil dan butuh satu suap saja untuk di makan. Rasanya yang lezat dan bentuknya yang unik membuat roti ini paling terkenal dan digemari banyak orang.

Roti Unyil
Roti Unyil

Kalau dilihat dari variasi dan bahan pembuatannya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan roti lainnya. Bahan utama untuk membuat Roti Unyil adalah tepung terigu, kuning telur, gula pasir, garam, margarine, serta air. Jika untuk rasanya, bisa memilih rasa keju, sosis, bakso, abon, moka, cokelat, susu, jagung, dan kacang. Dan ada juga dipadukan dengan buah-buahan seperti pisang, stroberi, nanas, dan kismis. Jika bosan dengan rasa tunggal, anda bisa kombinasikan rasanya misalkan cokelat kismis, keju sosis, keju pisang, cokelat pisang, cokelat kacang, dan sebagainya.

Awal mulanya Roti Unyil merupakan kreasi dari toko roti & kue yang beralamatkan di Jl.Padjajaran, Bogor. Roti yang bentuk unik ini tidak tercipta begitu saja. Hendra Saputra, pembuat atau creator sekaligus pemilik toko Venus Bakery itu awalnya hanya ingin membuat roti yang disukai banyak orang. Berdasarkan suvei yang dilakukan, lalu dia menciptakan roti berukuran tidak lebih dar 5 Cm sehingga habis dalam satu suapan atau dua suapan.
Saat ini roti yang pertama kali muncul tahun 1992 itu dapat dengan mudah dijumpai di berbagai kawasan Kota Bogor. Tetapi bila ingin merasakan rasa yang sudah terkenal akan kelezatannya, silakan datang ke Venus Bakery di Kompleks Ruko V-Point No.1. toko tersebut dapat dikunjungi pada pukul 06.00 hingga pukul 20.00. Harganya pun sama dengan bentuk rotinya. Semua variasinya dijual cukup seharga Rp. 1.450/buah. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan apalagi jika ingin menjadikan kuliner bogor ini sebagai oleh-oleh. Karena dibuat tanpa pengawet, Roti Unyil hanya bertahan selama tiga hari.

Info Lengkap :
Alamat: Jl. Pajajaran Komplek V Point No. 1 Bantarjati Bogor Utara, Jawa Barat 16119, Indonesia
Buka: 06:00 - 20:00

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

 
Top