Kuliner Nusantara

Laksa Betawi - merupakan makanan yang berjenis mie dengan campuran bumbu-bumbu dan makanan ini gabungan dari Tionghoa dan Melayu. Nama laksa diambil dari bahasa Sanskerta yang mempunyai arti banyak, makanan ini menunjukan kalau laksa ini dibuat dari beberapa banyak bumbu.

Laksa Betawi
Laksa Betawi

Laksa betawi beda dengan taoge goreng dan laksa bogor. Taoge goreng dan laksa bogor didalamnya ada oncom dan mihun. laksa betawi justru lebih mengutamakan sayurannya, kucai, taoge, dan kemangi serta tidak memakai oncom. Jika ditambahkan oncom dan mihun, yang akan lebih terasa dari kuliner betawi ini rasa oncom dan mihunnya.
edangkan

Kuliner ini sangat terkenal ditahun 1970-an dan 1980-an, makanan ini cocok disantap dengan empal, semur telur, atau semur daging lengkap sudah rasa laksa.Keistemewaan dari laksa terletak pada kuahnya. Kuah santan dengan aneka bumbu rempah dan ebi udang rebon halus. Namun saat ini sulitnya mencari laksa betawi yang kaya akan rempah karena mulai jarang yang berjualan laksa ini karena cara buatnya yang ribet dan banyak bumbu-bumbu rempahnya, tapi ada juga yang menyediakan kuliner betawi ini dengan resep turun temurun dari keluarga yang sudah terkenal akan rasanya yang enak. Jika anda berkunjung kejakarta anda harus coba makanan khas jakarta ini karena sudah jarangnya yang menjual laksa betawi. Di Jl. Asirot No. 2 Rt/Rw. 01/03, Kebon Jeruk, Jakarta-Barat (Dari perempatan RS. Medika Permata Hijau arah ke pasar Kebayoran Lama kurang lebih 1 km, cari Jl. Asirot di sebelah kanan jalan) Indonesia terdapat tempat yang menyediakan laksa betawi, bentuknya seperti rumah sederhana dengan jendela yang sangat cukup besar. Anda bisa mencoba laksa betawi yang sudah terkenal akan kelezatannya. Seperti kuliner jakarta lainnya, laksa pun dapat dinikmati dengan harga sesuai kantung. Cukup murah untuk makanan ini meskipun langka barangkali hampir bisa disebut sebagai makanan eksotis. Peracik laksa betawi sekelas Muroni sangat dibutuhkan, bukan hanya agar warungnya tetap langgeng dan menyumbang dapur. Tapi juga untuk melestarikan ilmu yang mulai dilupakan generasi sekarang, ilmu membuat dan menyajikan laksa nan sedap dan merangsang selera.

Ketupat Laksa
Jln.As-siroth 2, Kampung Baru (antara Jln. Raya Kebayoran Lama - Kebonjeruk),
Jakarta Barat.
Buka: Pukul 10.00 - 21.00 WIB.


Advertisement

1 comments:

 
Top