Kuliner Nusantara

Ketoprak Betawi
Ketoprak Betawi
Ketoprak Betawi - makanan ini merupakan khas jakarta yang bahan utamanya adalah lontong, tahu, bihun, mentimun, taoge dan telur yang sudah direbus dengan dilumuri saus kacang serta sedikit kecap manis lalu ditaburi bawang merah goreng. Tambahkan juga kerupuk jika anda menyukainya.

Kuliner Jakarta ini dapat kita temui hampir semua tempat karena makanan ini tergolong merakyat dan harganya pun cukup murah meriah tapi mengeyangkan karena salah satu bahan utamanya ada lontong ditambah bihun pula. Rasanya yang lezat sehingga banyak peminatnya mulai dari anak-anak sampai orang tua pun suka dengan makanan ini.

Rasa yang khas & sedikit pedas serta mengenyangkan makanan ini cocok dimakan saat sarapan, makan siang dan makan malam, lebih enak lagi disantap bersama kerupuk.Sepintas makanan asal jakarta ini mirip dengan gado-gado tapi didalam ketoprak hanya ada 1 jenis sayuran yaitu taoge saja sedangkan di dalam gado-gado terdapat banyak jenis sayuran.

Makanan khas jakarta ini mengandung nutrisi tinggi dan bebas kolestrol karena semua bahanya alami & segar jadi cocok untuk semua kalangan dengan tingkat kepedasan yang disesuaikan.
Cara membuatnya pun cukup mudah serta perkakas yang diperlukan hanya ulekan dan pisau selebihnya bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat ketoprak betawi ini.

Bahan-bahanya :

1.Lontong atau ketupat.
2.Bihun.
3.Tahu yang sudah direndam campuran air dengan bawang putih lalu sudah digoreng.
4.Taoge yang sudah dibersihkan akarnya dan direndam air panas.
5.Telur Rebus.
6.Bawang Goreng.
7.Seledri.
8.Kecap manis.
9.Mentimun.
10.Kerupuk yang sudah digoreng. 

Membuat bumbu halus untuk saus kacangnya

Pertama campurkan garam, bawang putih, cabai rawit, dan kacang tanah goreng kedalam ulekan lalu tumbuk. Sambil ditumbuk sampai halus, sedikit demi sedikit tuangkan air matang sampai saus kacangnya menjadi kental. Setelah itu tambahkan air cuka lalu aduk sampai rata. Saus kacang ini sebagai bumbu ketoprak agar rasanya enak & lezat.

Mencampurkan bahan-bahan utama dengan saus kacang

Letakan lontong yang sudah dipotong-potong, tahu, bihun, taoge, dan telur rebus yang dibelah dua lalu siram dengan saus kacang serta taburi bawang gorengnya & seledri. Terakhir tambahkan mentimun dan kerupuk dipinggirnya. Selesai, ketoprak betawi siap disantap.

Lihat juga kuliner khas jakarta lainnya di Martabak Paling Enak di Jakarta

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

 
Top