Kuliner Nusantara

Kerak Telor - Makanan ini merupakan kuliner khas jakarta dengan bahan beras ketan putih dan telur ayam dengan dibakar atau disangrai sampai mengerak yang ditambahkan bawang goreng & ebi udang lalu diberi bumbu sangrai kelapa dengan campuran cabai merah, jahe, kencur, merica butiran, garam dan gula pasir. Kuliner khas jakarta ini sudah terkenal dan salah satu kuliner nusantara yang sudah go internasional loh.

Kerak Telor
Kerak Telor

Rasa yang gurih dan lezat. Kerak telor ini sudah menjadi salah satu ikon andalan kota jakarta terutama masyarakat betawi. Makanan ini dijual diwarung-warung pinggir jalan, jajanan tradisional ini selalu dijual pada acara besar jakarta seperti di acara PRJ atau Pekan Raya Jakarta.

Pada zaman Belanda mejajah Indonesia, kerak telor ini sudah ada. Ketika puluhan tahun lalu, saat batavia atau sekarang jakarta masih banyak dipenuhi oleh pohon kelapa. Orang-orang Betawi Menteng coba-coba mencampurkan ketan dengan kelapa parut lalu dicampur dengan bumbu lainnya. Dari awal mencoba lalu banyak tetangga mereka yang menyukainya. Saat tahun 1970-an mereka mulai mencoba dengan  berjualan resepnya di daerha Monas. Dan akhirnya laku banyak sekali sampai menjadi ciri khas betawi. Kerak telor ini pernah menjadi makanan elit khas Betawi loh yang terkenal dengan kelezatannya.


Kerak telor ini selalu paling banyak diburu ketika ada cara jakarta fair atau sekarang lebih dikenal PRJ dikarenak makanan khas betawi ini sangat jarang dijumpai saat hari-hari biasa.
Cara membuat kerak telor unik sekali, ketika kerak telor ini setengah matang maka wajan dibalik dan dibiarkan terkena bara api sambil di kipas-kipas agar bara api tetap menyala. Jika sudah agak kering atau matang lalu kerak telor siap untuk di santap atau disajikan.

Advertisement

1 comments:

  1. SENANG DOMINO
    AGEN POKER ONLINE

    DEPOSIT VIA PULSA

    Bonus TurnOver 0.5% (Dibagikan Setiap Hari Senin)
    Bonus Referal 20% (10% Otomatis & 10% Manual)
    Minimal Deposit Rp. 10.000

    wechat : goyangpoker
    Line : 85581259896
    No hp : +85581259896
    Whatsapp : +85581259896
    BB : 559518E4


    Baca juga tips dan trik bermain judi online
    situs poker online poker online Indonesia

    ReplyDelete

 
Top