Kuliner Nusantara

Cireng Isi - Kuliner Khas Bandung
Cireng Isi - Kuliner Khas Bandung

Cireng - Terlihat seperti makanan yang berasal dari China, karena namanya yang hampir mirip dengan bahasa China, namun jangan salah Cireng bukanlah berasal dari China, nama Cireng tersebut di ambil dari nama singkatan, dan semua orang Bandung dan sekitarnya pasti sudah mengetahui apa kepanjangan dari Cireng ini. Ya benar Cireng atau kepanjangan dari aci goreng atau tepung kanji yang di goreng. Makanan berwarna putih ini bisa kita temui hampir di seluruh Bandung. Dari mulai pedagang yang menjajakan menggunaakn gerobak dorong, bahkan Cireng ini bisa kita temui di rumah makan atau restaurant yang ada di Bandung.

Cireng ini bisa dengan mudah dibuat karena bahan yang sangat mudah ditemui dan pembuatannya pun tidak terlalu memakan energi maupun waktu yang lama. Untuk membuat Cireng, hanya perlu bahan-bahan seperti tepung kanji atau aci dan juga minyak goreng. Cukup sederhana bukan untuk membuat cireng ini? Namun seiring dengan tingkat kreatifitas orang-orang Bandung yang tidak ada habisnya, Cireng ini bisa di buat varian-varian rasa, dengan memasukkan isian berupa daging, sosis, baso, dan lain-lain sehingga ketika kita memakan Cireng ini tidak hanya memakan Tepung Kanji saja yang hanya akan memberikan sedikit gizi, dengan menambah kan isiannya berupa bahan-bahan yang bergizi cireng ini bisa di sulap bagaikan burger yang terdapat di luar negeri sana. Saat ini para pedagang Cireng sudah banyak memiliki kreatifitas tersendiri, ada yang membuat Cireng dengan dimasukkan daging, sosis, baso dan lain-lain, dan ada juga Cireng yang bisa kita temui di daerah Bandung, adalah Cireng Rujak atau Rujak Cireng semua sama saja, karena orang Sunda pasti menyukai yang pedas-pedas terutama sambal, maka para pedagang rujak cireng ini berkreatifitas untuk membuat rujak cireng ini, cireng yang biasa di buat biasa saja, kini cireng bisa kita nikmati dengan sambal yang sangat khas, sambal yang khusus di buat untuk menambah cita rasa dari cireng ini, istilah orang sunda menyebutkan Tidak enak jika tidak makan tanpa sambal, bagaikan sayur tanpa garam.

Untuk menemukan rujak cireng yang terkenal ini Anda bisa berkunjung ke daerah Gunung Batu, Kota Bandung, (Sebelum Tol Pasoepati) di sana terdapat toko yang menjual Rujak Cireng ini, dan biasanya saya melihat banyak orang Jakarta atau pengunjung yang membeli oleh-oleh di sekitaran toko tersebut, dan memang Rujak Cireng ini pun banyak di buru oleh para pengungjung Kota Bandung. Apa salah nya jika Anda mencoba makanan ringan khas Bandung ini, di samping harganya terjangkau, Anda pun bisa menikmati kelezatan rujak cireng ini.

Rujak Cireng - Kuliner Khas Bandung
Rujak Cireng - Kuliner Khas Bandung

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

 
Top